3 Langkah Mudah Mengajari Bayi Memegang Botol Susu

Langkah Mudah Mengajari Bayi Memegang Botol Susu

Kekuatan otot-otot bayi harus dilatih agar bisa segera berfungsi dengan optimal. Melatih otot kaki bisa dilakukan dengan menggerakkannya seperti, menendang. Pada bagian otot tangan, Anda bisa melatihnya dengan mengajari anak memegang botol susu. Cara ini juga membuat anak lebih mandiri untuk minum susu. Ini langkah belajar parenting yang perlu dilakukan.

  1. Mengenalkan Botol Susu

Pengenalan pada botol susu bisa dilakukan ketika bayi Anda telah berusia di atas enam bulan yang artinya masa ASI ekskulsifnya sudah berlalu. Pada usia ini mulailah untuk mengenalkan bayi pada botol susu. Ini juga akan menjadi langkah mudah jika nanti Anda sudah harus menyelesaikan pemberian ASI pada bayi.

Waktu terbaik untuk menghentikan ASI adalah di atas 1 setengah tahun agar anak mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Saat mengenalkan botol susu pada anak biarkan anak memegangnya. Kenalkan botol dalam keadaan yang kosong agar anak latihan memegangnya. Setelahnya baru isikan susu di dalam botol jika anak sudah mengenal botol susu.

  1. Gunakan Botol Susu

Langkah berikutnya yang dilakukan dalam belajar parenting ini dengan menggunakan botol susu secara berkala. Anda bisa melakukannya dalam pemberian ASI yang dimasukkan ke dalam botol atau pun menggunakan susu formula. Ajari bayi untuk bisa menggunakannya secara perlahan-lahan. Di tahap awal bayi melakukannya, bantulah untuk memegang botol susunya.

Tujuannya agar bayi memahami cara memegangnya dengan benar sehingga bayi bisa mandiri nantinya tanpa membuatnya tersedak. Jika bayi sudah bisa, sesekali lepaskan agar bayi bisa mandiri memegang botol susu. Bantu dengan menggunakan bantal yang membuat posisi kepala bayi lebih tinggi agar bayi merasa nyaman.

  1. Botol yang Tepat

Dalam proses belajar ini Anda harus melakukannya dengan pelan-pelan dan bertahap. Gunakan botol yang tepat sesuai dengan usia bayi. Gunakan ukuran yang paling kecil dengan kapasitas volume yang tidak diisi penuh. Tujuannya untuk membuat bayi tidak terkejut dan merasa berat saat memegang botol susu.

Anda bisa mencari botol susu untuk bayi yang tepat ukurannya dengan membeli di toko perlengkapan ibu dan bayi orami.co.id. Pastikan botol yang dibeli aman digunakan untuk bayi. Pilih pula bagian dot yang paling sesuai dengan kemampuan bayi.

Jangan sampai Anda salah memilih dot sehingga membuat bayi tidak mau menggunakan susu. Dot yang tepat ukurannya tidak jauh dari putting susu Anda. Pastikan dot tersebut memberikan kenyamanan pada setiap isapan bayi.

Tidak ada yang sulit untuk mengajari anak melakukan aktivitas-aktivitas penting yang harus dilakukannya. Anda tinggal belajar parenting anak dengan benar dan menerapkannya secara rutin sampai anak memahaminya dengan baik. Gunakan instruksi atau arahan dengan bahasa yang lembut sehingga tidak membuat anak tertekan dan menjadi takut untuk melakukannya.